Tuesday, January 11, 2011

Pemeliharaan, Perbaikan, Intruksi, Penambahan Chemikal & Standar masa pemakaiaan

Mesin-mesin dan peralatan yang rusak, dapat menyita waktu dan diperlukan tenaga kerja untuk perbaikan dengan biaya yang tidak murah. Oleh karena itu disarankan untuk mengadakan pemeriksaan mesin-mesin dan peralatan setiap harinya untuk mencegah kemungkinaan terjadinya kerusakan.

Sasaran pemeliharaan yaitu agar peralatan yang ada pada instalasi dapat beroperasi dengan sebagaimana mestinya secara berkesinambungan. Dalam pemeliharaan alat yang harus diperhatikan adalah lamanya operasi (lifetime). Dimana alat-alat dijalankan tidak melebihi dari waktu yang telah ditentukan, yang harus diperhatikan adalah sabagai berikut :

1 Putaran motor dan pompa
Putsrsn motor ysng tidsk normal adalah, suara bising, getaran dan temperatur yang meningkat merupakan hal-hal yang perlu diperhatikan. Segera lakukan perbaikan pompa tersebut agar kerusakan tidak semakin parah dan berakibat fatal


2 Piping dan valve
Jika terjadi kebacaran perbaiki bagian yang bocor, jangan lupa menutup aliran kearah tersebut atau matikan system. Bila valve atau fitting rusak sebaiknya segera untuk diganti.


3 Saluran pembuangan
Saluran pembuangan sebaiknya diperiksa supaya jangan tersumbat. Bila terjadi penyumbatan bersihkan dan buang penyebab terjadinya penyumbatan tersebut.

No comments:

Post a Comment